E-commerce

Posted: Oktober 30, 2011 in Uncategorized

Electronic Commerce (E-commerce) adalah proses pembelian dan penjualan produk, jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan komputer. Salah satu jaringan yang digunakan adalah internet.

      Walaupun istilah Electronic Commerce baru beberapa tahun terakhir mendapat perhatian, sebenarnya Electronic Commerce telah ada dalam berbagai bentuk selama lebih dari 20 tahun. Teknologi yang disebut dengan Electronic Data Interchange (EDI) dan Electronic Funds Transfer (EFT) pertama kali diperkenalkan pada akhir tahun 1970-an. Pertumbuhan penggunaan kartu kredit, Automated Teller Machines dan perbankan via telepon di tahun 1980-an juga merupakan bentuk- bentuk Electronic Commerce.
Kriteria dalam E-commerce yaitu :
  1. Ada website
  2. Ada barang
  3. Ada pemesanan
  4. Ada penjualan
  5. Ada pengirima
Menurut beberapa orang tentang E-commerce :
  • Menurut Mariza Arfina dan Robert Marpaung e-commerce atau yang lebih dikenal dengan e-com dapat diartikan sebagai suatu cara berbelanja atau berdagang secara online atau direct selling yang memanfaatkan fasilitas Internet dimana terdapat website yang dapat menyediakan layanan “get and deliver” (http://rmarpaung.tripod.com/electroniccommerce.doc) diakses tanggal 22 April 2007).
  • Menurut David Baum, pengertian e-commerce adalah : “E-commerce is dynamic set of technologis, application, and business process that link enterprise, consumers, and communities through electronic transactions and the electronic exchange of goods, service, and information”. E-Commerce merupakan satu set dinamis teknologi, aplikasi, dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelayanan, dan informasi yang dilakukan secara elektronik (David Baum dalam Onno W Purbo, 2000 : 2).
  • Menurut Bryan A. Garner juga menyatakan bahwa “E-Commerce the practice of buying and selling goods and services trough online consumer services on the internet. The e, ashortened from electronic, has become a popular prefix for other terms associated with electronic transaction”. Dapat dikatakan bahwa pengertian e-commerce yang dimaksud adalah pembelian dan penjualan barang dan jasa dengan menggunakan jasa komputer online di internet (dlm Abdul Halim Barakatullah dkk, 2005 : 12).
Jenis-jenis transaksi pada e-commerce yaitu :
  • 1. Busines to Busines (B2B) adalah sistem komunikasi bisnis online antar pelaku bisnis, B2B terdiri atas Transaksi Inter-Organizational system (IOS) dan Transaksi Pasar Elektronik (Electronic Market Transfer), (Onno W. Purbo, 2000:2)
  • 2. Busines to Cunsumer (B2C) adalah mekanisme toko online yang artinya transaksi antara e-merchant dengan e-customer, (Onno W. Purbo, 2000:2).
  • 3. Consumer to Consumer (C2C) adalah indivindu yang mengiklankan produk barang atau jasa, pengetahuan, maupun keahliannya di salah satu situs lelang, (Munir Fuady, 2005:408).
  • 4. Consumer to Bussines (C2B) adalah individu yang menjual produk atau jasa kepada organisasi dan individu yang mencari penjual dan melakukan transaksi (Munir Fuady, 2005:408).
  • 5. Non-Bussines Electronic Commerce adalah kegiatan non bisnis seperti kegiatan lembaga pendidikan, organisasi nirlaba, keagamaan dan lain-lain (Munir Fuady, 2005:408).
  • 6. Intrabussines (Organizational) Electronic Commerce adalah kegiatan yang meliputi aktivitas internal organisasi melalui internet untuk melakukan pertukaran barang, jasa dan informasi, menjual produk perusahaan kepada karyawan dll. (Munir Fuady, 2005:408).
Sumber : Dari berbagai Sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s