Membatasi anak dalam menggunakan internet

Posted: Desember 29, 2011 in Uncategorized

Internet dewasa ini sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting sehari hari. Bahkan sudah menjadi media yang masuk ke segmen anak-anak. Potensi dan resiko internet perlu menjadi perhatian orang tua dan suatu kekhawatiran bagi anak yang sering mengakses internet tanpa di dampingi orang tua, karena memang tidak adanya cara yang benar-benar aman untuk memproteksi si anak dari pengaruh negatif internet. Suatu pengalaman pribadi dari anak saya yang berumur 6 tahun dan suatu ketika melatih anak untuk melihat video dari youtube. Seperti biasa anak paling suka dengan video misalnya pesawat terbang atau adegan tank tempur dan yang lainya, Suatu hari dia bertanya kepada saya, bapak bagaimana cara menampilkan pesawat dan tank di internet seperti kemarin. Dan sayapun megajarinya cara sampai halaman youtube tampil kemudian menuliskan keyword yang singkat dan mudah dihawalkan misalkan f-16, f-15, atau yang lain maka akan tampil suatu video pesawat tempur. Diapun akhirnya bisa membuka halaman youtube tanpa sepengetahuan saya. Tetapi suatu hari dia berceloteh kepada saya bahwa tadi sya lihat ada mama-mama yang lepas baju di komputer, betapa kagetnya saya setelah saya cek benar setelah menuliskan keyword tertentu memang ada tampilan video yang memakai bikini.

Dari pengalaman itulah saya tidak lagi memperbolehkan anak sendirian mengakses internet. Hal positif dari internet ternyata dapat berakibat buruk bila digunakan secara tidak bertanggung jawab. Banyak anak yang ketagihan atau kecanduan internet sehingga mereka betah berlama-lama di depan komputer sehingga lupa akan kewajiban atau rutinitas sehari-hari. Salah satu penyebab seorang anak begitu menyukai internet karena mereka mendapatkan suatu pengalaman baru dan mereka bisa mendapatkan kenyamanan

Berikut bebrapa tips yang mungkin berguna meskipun saya bukan pakar, tapi setidaknya bisa membantu anda untuk melindungi anak dari bahaya internet.

– Dampingi anak anda dikala menggunakan internet

– Jelaskan dengan baik apabila anak menayakan sesuatu yang dianggap asing.

– Letakkan komputer di tempat yang mudah dilihat

– Batasi atau penjadwalan anak dalam penggunaan internet

– Gunakan web browsing seperti Bmkids yang dikhususkan untuk anak

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s